ANALISIS VISUAL PADA DESAIN KAOS SOAK NGALAM SEBAGAI PRODUK KHAS MALANGAN

Authors

  • Yudhistya Ayu Kusumawati Institut Teknologi Kreatif Bina Nusantara Malang

DOI:

https://doi.org/10.0301/jttb.v2i1.22

Keywords:

Analisis visual, Soak Ngalam, semiotika, Roland Barthes

Abstract

Semakin pesatnya sektor pariwisata di Kota Malang mendorong semakin pesatnya industri kreatif salah satunya produk clothing. Soak Ngalam merupakan salah satu produk clothing asli Malang yang memiliki desain yang unik yaitu menggunakan bahasa walikan (bahasa balikan) yang merupakan ciri khas kota Malang. Dalam sebuah desain kaos, gambar atau tulisan terkandung pesan yang akan disampaikan kepada audience sehingga dalam penelitian ini dilakukan kajian terhadap desain Soak Ngalam yang difokuskan pada makna yang terdapat dalam sebuah desain kaos Soak Ngalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi makna desain kaos Soak Ngalam. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis semiotika Roland Barthes, yaitu dengan menganalisis petanda & penanda, denotasi & konotasi serta mitos.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1]. Adityawan, A. (2008). Propaganda Pemimpin Politik Indonesia, Mengupas Semiotika Order Baru Soeharto. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.
[2]. Budiman, K. (2001). Kosa Semiotika. Yogyakarta: LKis.
[3]. Brunel, Charlotte. (2002). The T-Shirt Book. New York: Assouline Publishing, Inc.
[4]. Cobley, Paul & Litza Janz. (1999). Introducing Semiotics. New York: Icon Books– Totenham.
[5]. Darmaprawira, Sulasmi. Warna. Teori dan Kreatifitas Penggunaannya. Edisi ke-2. Bandung: ITB
[6]. Hutcheon, Linda. l985. A Theory of Parody, The Teaching of Twentieth Century Art Form. Methuen.
[7]. Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[8]. Piliang, Y.A. (2010). Semiotika dan Hipersemiotika: Kode, Gaya & Matinya Makna. Bandung: Matahari.

Published

2019-03-15

How to Cite

Yudhistya Ayu Kusumawati. (2019). ANALISIS VISUAL PADA DESAIN KAOS SOAK NGALAM SEBAGAI PRODUK KHAS MALANGAN. Jurnal Teknologi Dan Terapan Bisnis, 2(1), 114-119. https://doi.org/10.0301/jttb.v2i1.22